Sebagian besar aktivitas kita dirumah dihabiskan didalam kamar tidur karena ruang tidur merupakan ruang yang paling privasi. Sehingga kita

perlu memperhatikan interior ruang tidur kita supaya ruang tidur tersebut memberikan kenyamanan buat penghuninya.

Kamar tidur tidak harus selalu harus berukuran besar dan luas, yang penting ruang tidur tersebut harus disesuaikan untuk jumlah penghuninya. Penataan yang tepat dengan alokasi furnitur yang pas dapat membuat kamar tidur terasa nyaman.

Bila kita memilih konsep minimalis, maka penataan furniture-nya harus lebih memperhatikan segi praktis, fungsional dan dinamis. Berikut furniture-furniture yang biasa digunakan untuk ruang tidur :

 

1. Tempat tidur

Tempat tidur merupakan furniture yang paling penting dalam ruang tidur. Memilih tempat tidur bukan hanya menuruti desain, namun fungsi dan kenyaman juga sangat penting. Pilih tempat tidur yang proporsi dengan luas ruangan. Tempat tidur tentunya tidak akan terlepas dari kasur, ukuran kasur beragam dan standartnya berukuran :

  • Single 90x200 & 100x200
  • Twin 120x200
  • Queen 160x200
  • King 180x200
  • Extra King 200x200

2. Lemari Pakaian

Pada Umumnya lemari digunakan untuk penyimpanan pakaian dan aksesoris lainnya. Oleh karena itu ukuran lemari pakaian harus disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan serta luas ruang tidur. Model lemari juga disesuaikan dengan konsep kamar yang anda pilih, jika anda memilih konsep minimalis gunakan bentuk-bentuk geometris dan simpel tanpa adanya ukiran. Desain lemari hendaknya di sesuaikan dengan furniter lain yang terdapat di kamar tidur.

3. Nakas

Nakas adalah meja kecil yang bisanya diletak pada sisi kiri dan kanan tempat tidur. Nakas berfungsi sebagai tempat meletakan lampu, bentuk dan warna nakas biasanya diselaraskan dengan desain tempat tidur. Jika kamar tidur anda tidak begitu besar, cukup gunakan satu natas disalah satu sisi tempat tidur anda.

4. Credenza

Dilihat sekilas credenza memiliki bentuk setengah lemari. Awalnya sejarahnya credenza berfungsi sebagai meja tulis, namun sekarang credenza biasa digunakan sebagai tempat penyimpanan aksesoris atau barang-barang pribadi dan untuk bagian atasnya biasanya untuk meletakan televisi, pot bunga, bingkai-bingkai foto dll. Credenza bukanlah suatu furniture yang wajib dimiliki, mengingat fungsinya yang hanya sebagai pelengkap ruangan, tetapi keberadaannya tetap menambah nilai estetika dalam desain interior.

Tips menata kamar tidur anda :

  • Pilihlah furniture yang memiliki kesatuan elemen baik itu bentuk, warna ataupun materialnya.
  • Atur lighting dalam kamar tidur untuk membentuk mood ruangan. Gunakan general lighting untuk menerangi seluruh aktivitas dalam kamar dan task lamp untuk kegiatan yang lebih spesifik seperti tidur atau membaca.
  • Pilih warna-warna kulit seperti putih gading, krem, varian cokelat, atau warna-warna pastel untuk warna dinding atau wallpaper kamar tidur. Warna-warna ini dapat memberikan rasa rileks dan keseimbangan energi ketika Anda tidur. Jika menyukai warna-warna terang atau berani, seperti merah guanakan sebagai aksen saja supaya atmosfer ketenangan dalam kamar tidut tetap terjaga. Untuk luas ruang yang sempit gunakan warna putih untuk dinding kamar anda agar ruangan tersebut terkesan luas.
  • Perhatikan kesehatan kamar tidur terutama kualitas udara dalam ruang. Sediakan bukaan dan ventilasi yang mencukupi supaya aliran udara dalam ruang lancar dan sinar matahari bisa masuk.
  • Bagi Anda yang menyukai tanaman, jangan taruh tanaman dalam kamar, kecuali kamar tidur Anda cukup luas, dan letakan tanaman tersebut jauh dari tempat tidur.